TECH

[TUTORIAL] How to Make USB Bootable Fedora 28

Fedora 28

Dulu sekali saya pernah mencoba Fedora selama 6 bulan. Beberapa waktu yang lalu saya ingin mencoba Fedora ternyata sudah banyak perubahan. Saya memutuskan untuk mencoba Fedora 27.

Saya biasanya menggukan unetbootin untuk membuat usb bootable sebuah OS, mulai windows, elementary, ubuntu dan lain-lain. Tapi entah kenapa waktu ingin membuat usb bootable fedora 27 tidak bisa. ISOnya Fedora tidak terdetek sama sekali.

Ternyata setelah saya cari informasinya memang tidak ada tutorial menggunakan unetbootin. Akhirnya ada tuorial membuat USB Bootable Fedora menggunakan etcher.

Informasi mengenai etcher bisa teman-teman dapatkan di sini. Etcher tersedia untuk Linux 32-bit dan 64-bit, windows 32-bit dan 64-bit dan MacOS.

Cara install etcher untuk beberapa OS bisa lihat di sini. Karena saya menggunakan manjaro cara install etcher cukup gampang.

  1. buka add/remove software
  2. di bagian searh ketik “etcher”
  3. centang paketnya
  4. klik apply. tunggu prosesnya selesai.
etcher
Menginstall Etcher melalui program add/remove software nya Manjaro

Untuk membuat USB Bootable Fedora buka etcher. Berikut ini tampilannya:

etcher
Tampilan Etcher

Selanjutnya pilih ISO Fedora yang telah didownload. Untuk mendownload iso fedora bisa di sini. Di proses kali ini saya menggukan Fedora 28 Beta dengan DE XFCE yang sudah dirilis. Versi finalnya kemungkinan akan dirilis pada bulan mei nanti.

USB Bootable Fedora
Pilih ISO Fedora yang telah didownload

Selanjutnya pilih USB yang akan diinstall Fedora. Lalu setelah itu klik flash dan biarkan prosesnya sampai selesai.

USB Bootable Fedora
Proses flash USB Bootable Fedora

Setelah selesai lanjutkan dengan merestart laptop atau komputer dan booting dari usb bootable fedora yang telah dibuat tadi. Saya juga merekomendasikan sebaiknya menggunakan Flash Drive yang sudah USB 3.0.

Tagged , ,

About Emen

Saya Bukan Super Hero | Saat ini sebagai COO infoSumbar dan aktif di Komunitas bersama Social Media Sumbar, Blogger Palanta, Relawan TIK dan berbagai Komunitas lainnya di Kota Padang |
View all posts by Emen →

Leave a Reply