MY MIND

Melawan Arus

Saya bekerja mengelola sebuah akun yang memberikan berbagai informasi kepada publik dan itu sudah dimulai sejak 2012 lalu. Ada keresahan yang kemudian muncul dalam beberapa waktu belakangan ini. Keresahan berawal dari satu platform sih awalnya, yaitu instagram.

Saya ngeliat gitu di instagram, terutama untuk Sumatera Barat banyak akun-akun baru yang terus bermunculan. Tapi semuanya sama. Kalau tidak hiburan berupa meme, video dan komedi, paling akun dengan genre repost cewek-cewek cantik. Atau paling banter pemandangan.

Saya ngeliat belum ada akun yang benar memberikan sesuatu yang “berisi” kepada followers mereka. Saya juga yakin infosumbar belum cukup, bahkan mungkin masih jauh. Tapi kami coba mengurangi yang sifatnya hanya berupa hiburan.

Lalu, kepikiranlah untuk membuat konten berupa podcast. Di Indonesia mungkin belum banyak yang bikin podcast. Tapi, podcaster bagus udah mulai banyak. Saya sendiri kenal podcast pertama dari Adriano Qalbi. Sampai sekarang masih rutin denger podcast dari dia.

Dulu sih saya sempat bikin podcast pribadi. Baru dua episode tapi kemudian vakum karena kesibukan lain. Idenya sebenarnya mau lanjutin aja podcast pribadi ini, tapi kan kalau share via infosumbar jadi gimana gitu. Jadinya, saya bikin aja atas nama infosumbar dengan saya sebagai pemandu.

Podcast ini nantinya akan selalu dengan tamu. Jadi kemungkinan saya yang ngomong sendiri akan sangat sangat tidak mungkin. Bisa jadi sih ada, kalau kepepet nggak ada tamunya…. hehehe. Tapi akan selalu saya usahakan dengan tamu yang berhubungan dengan topik yang akan saya bahas di podcast.

Untuk durasi sih saya belum bisa pastikan berapa. Mungkin akan menyesuaikan dengan bahasan, kalau kepanjangan mungkin saya bagi ke dalam beberapa bagian.

Untuk platform sih kemungkinan pakai youtube dulu. Nanti saya buatkan covernya. Youtube sih karena pengennya siapa aja bisa denger dan platformnya lebih dikenal juga sama yang awam. Pengennya sih langganan soundcloud unlimited pro, tapi pembayarannya cuma bisa via Paypal dan CC, dua-duanya nggak punya. Kalau ada mau bantuin buat pembayaran PM aja yes (ngarep).

Podcast ini akan berisi dan bisa jadi memang sesuatu yang serius. Karena menurut saya media sosial sudah penuh dengan konten hiburan. Saya pribadi sih jenuh ya liat ya hiburan kalau kebanyakan, komedi yang jokenya nggak bisa bikin ketawa, ya yang gitu-gitulah. Lama-lama enek juga.

Jadinya ini akan melawan arus banget, dan saya tau ini akan sulit. Tapi, saya percaya suatu hal di media sosial bahwa jika apa yang kita hadirkan kepada orang lain itu bernilai, maka kita bisa mendapatkan perhatian. Intinya ada di value.

Untuk kali ini saya memang lebih serius, saya bahkan membeli alat perekam juga. Sony ICD PX-240 yang saya beli baru saja sampai malam ini. Udah tes suara rekamannya juga. Hasilnya? Lebih baik dari saya rekam pakai handphone tentunya.

Terakhir sih kalau ada yang baca tulisan ini, minta doanya aja agar ini bisa konsisten dan memang bermanfaat ngasih sesuatu ke followers. Besok, kalau nggak ada halangan rekamana pertama akan saya mulai. Narasumbernya kebetulan sudah ada. Ditunggu aja ya podcastnya. Sampai jumpa.

4 thoughts on “Melawan Arus

Leave a Reply