MY MIND

Mulailah Dengan Gagasan

Pilkada sebentar lagi, dan padang akan termasuk salah satu daerah yang akan melaksanakan Pilkada dalam waktu dekat. Mereka yang ingin mencalon sudah mulai bermunculan satu per satu. Rajin nongol di media dan memberikan komentar.

Tapi, sampai hari ini khusus untuk Kota Padang saya belum melihat kepala daerah yang punya gagasan untuk membangun Kota ini lebih baik. Boro-boro soal gagasan, situasi politik di Padang yang ada malah ramai-ramai mendekat ke pertahana.

Sebagai pemilik hak suara jujur saya sebenarnya bosan dengan calon-calon yang muncul di setiap pilkada. Mereka hanya mengucapkan kata manis. Tak ada yang membawa gagasan atau ide segar. Hanya kata-kata janji yang dipoles agar menarik. Mirip sales yang sedang menawarkan produk, tapi produknya nggak sebagus yang dia bilang.

Saya takut yang akan terjadi di kemudian hari adalah calon-calon seperti ini ujung-ujungnya cuma berpantun, lebih banyak narsis soal pribadinya daripada narsis mengenai apa yang telah dilakukan dan apa yang sedang berjalan serta apa yang sedang direncanakan untuk daerah ini.

Banyak potensi besar dari daerah ini yang belum tergarap. Potensi besar di bidang pariwisata misalnya, sejauh ini belum dikelola dengan baik. Tapi saya juga tidak bisa katakan buruk. Ibarat makanan standar, cuma sebatas penghilang lapar. Enak nggak, tapi dibilang nggak enak juga nggak.

Potensinya besar tapi pengelolaannya masih belum jelas. Tak ada rencana apalagi blueprint mengenai pariwisata. Akhirnya semua berjalan apa adanya tanpa terencana. Soal nomor pengaduan pariwisata saja misalnya, sampai sekarang tidak ada datanya.

Saya nggak mau terlalu panjang, intinya buat yang maju di Pilkada mulailah dengan sebuah gagasan. Kita bosan dengan “ota ambuih-ambuih” yang kemudian hanya habis di udara dan semuanya hilang ketika seluruh tukang ota bubar.

Berhentilah mencitrakana diri di media dengan diberitakan lalu satu atau dua kalimat kalian dikutip. Buat gerakan yang lebih baik dari itu. Tulis opini, gagasan kalian mengenai kota ini. Kami butuh sesuatu yang baru.

2 thoughts on “Mulailah Dengan Gagasan

  1. Iya. Belum pernah benar-benar puas sama pemerintah kota padang ini. Kapaaaan gitu padang bisa menyaingi kota metropolitan yg lain. Macam tu ajaaa

Leave a Reply