REVIEW, TECH

[REVIEW] Firefox Focus

Udah sebulan belum ya waktu pertama baca tentang Firefox Focus untuk Android. Saya sih langsung install mengingat katanya nih ya browser buatan mozilla ini private banget.

Kalau dari fiturnya nih ya, Firefox Focus ini bisa memblock web tracker langsung, nggak perlu setting-settingan lah pokoknya. Jadi, kalau browsing pakai ini udah langsung bebas dari beberapa iklan yang masuk kategori web tracker.

Selain itu ada fitur buat sekali pencet langsung hapus history, password dan cookies. Karena udah langsung meremove web tracker termasuk ads, jadinya kecepatan loading pun meningkat.

Tampilannya sih gini, warnya mirip-mirip instagram.

Firefox Focus

Di bagian tengah ada kotak untuk mengetikkan url kalau mau browsing. Titik tiga di sudut kanan atas untuk settings.

Menu settings begini :

Firefox Focus Settings

Oiya kalau mau ambil screenshot fitur stealth harus dinonaktifkan karena jika aktif kita tidak bisa mengambil screenshot.

Kalau udah buka web nanti ada icon tong sampah di sudut kanan bawah. Sekali tap semua history, cookies, password lenyap.

Nah, kalau sedang buka web kita bisa liat berapa trackers yang diblock. Tinggal tap icon tiga titik di sudut kanan atas.

Untuk fitur privatenya sih oke banget, terus juga sangat efektif untuk menghilangkan ads di web yang kadang mengganggu sekali. Kalau kecepatan dibandingkan chrome sebenarnya sih masih kalah, tapi kalau dibanding firefox biasa ini menang.

Rekomen sih sebagai default browser.

Leave a Reply