TECH

Cara Mudah Mengaktifkan Double Tap to Wake di Xiaomi Mi4

Saya menggunakan Xiaomi Mi4 kurang lebih satu tahun. Jujur (mantan) handphone flagship dari Xiaomi ini sangat memuaskan, terutama dari segi performa. Hanya saja untuk pemakaian pribadi saya ada beberapa keluhan.

Pertama internal 16 GB yang sekarang terasa terlalu kecil. Dengan memakain ROM MIUI pertama terinstall, storage hanya bersisa setengah dari kapasitas yang tersedia. Hal ini bisa saya atasi kemudian dengan menginstall Custom ROM Resurrection Remix. Teman-teman bisa membacanya di sini.

Keluhan kedua, handphone ini belum ada fingerprint sehingga tombol power saya rasanya mulai bermasalah. Masalah banget sih nggak, hanya saja rasanya udah nggak kokoh dan mulai agak terbenam ke dalam.

Solusinya untuk masalah ini sebenarnya dengan fitur double tap to wake. Hanya saja fitur double tap to wake tidak support di Resurrection Remix. Yang ada hanya double tap to sleep yaitu dengan double tap statbar. Lumayan membantu.

Hampir saya putus asa untuk hal ini. Kemudian saya iseng dan browsing di Play Store dengan keyword “double tap to wake”. Ada banyak aplikasi, saya mencoba beberapa.

Akhirnya ada satu yang pas, nama aplikasinya “smartWake – Auto screen On/Off”

Fiturnya bisa lihat di sini. Oiya plusnya adalah dia tidak menggunakan iklan pop up yang sangat mengganggu seperti yang saya temukan di aplikasi lainnya.

double tap to wake

Setelah install buka aplikasinya. Lalu tap settings.

Berikut opsinya :

Saya hanya mengaktifkan dua yaitu Air Control. Dengan fitur ini teman-teman hanya perlu melambaikan tangan di depan sensor proximity. Dengan ini lumayanlah, handphone teman-teman jadi mirip sama S7… hehehe

Satu lagi saya mengaktifkan “Sleep in Pocket” agar layar handphone tidak aktif saat berada dalam kantong.

Sekian info untuk kali ini. Oiya satu lagi, handphonenya harus diroot ya.

Leave a Reply