MY MIND

Ramadhan Tahun Ini, Dan Harapan Yang Masih Sama

Nggak terasa sudah berada di malam 1 Syawal malam ini. Padahal rasanya baru kemarin malam 1 ramadhan dan melaksanakan shalat tarwih pertama. Ah, Ramadhan memang sungguh cepat berlalu.

Tahun ini bagi saya jujur bulan ramadhan terasa sedikit berbeda. Entah kenapa ibadah di ramadhan tahun ini terasa jauh lebih khusyuk dan lebih nikmat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Selain itu, perbedaan yang paling terasa tahun ini tak ada buka bersama teman seangkatan. Mulai dari teman SD sampai teman kuliah, semuanya off tahun ini. Bersama komunitas juga.

Sebagai gantinya setidaknya ada dua momen buka bersama yang menurut saya sangat berkesan. Pertama, buka bersama anak-anak Tanah Ombak, yang waktu itu diajak oleh Uni Ade, anggota komunitas Padusi Minang.

Tanah Ombak sendiri merupakan sebuah ruang bagi anak-anak di sekitar kawasan Purus, Kota Padang. Dimana kawasan ini adalah sebuah kampung nelayan. Tanah Ombak hadir sebagai tempat bagi anak-anak sekitar untuk belajar, berkreasi dan bermain. Kalian bisa melihat aktivitas mereka di sini.

Buka puasa kedua yang berkesan waktu kami, teman-teman sesama nongkrong mengadakan buka bersama dengan anak-anak yatim di sebuah panti asuhan di Kota Padang. Entah kenapa dua momen buka bersama ini membuat ramadhan saya tahun ini terasa lebih bermakna.

Tahun ini tak ada buka bersama angkatan, komunitas dan lainnya. Hanya dua itu buka bersama yang saya ikuti. Ada sih satu lagi, tapi waktu itu cuma hadir. Beberapa undangan buka bersama pun ada, tapi batal saya hadiri karena lupa harinya :))

Dan di penghujung ramadhan, di awal syawal ini harapan-harapan masih sama. Bertemu dengan ramadhan tahun-tahun berikutnya, ibadah yang lebih baik lagi, pekerjaan dan rejeki yang lancar.

Jika kalian menunggu harapan soal jodoh di tulisan ini. Jangan harap :p

Selamat merayakan idul fitri 1438 Hijriah, Mohon maaf lahir dan bathin ya, teman-teman.

Leave a Reply