TECH

[TUTORIAL] Remix OS, Android di PC dan Cara Membuat USB Bootablenya

Ada yang biasa pakai bluestack untuk menjalankan aplikasi android di PC? Coba deh Remix OS. Remix OS adalah OS berbasis Android X86 yang artinya OS Android yang dijalankan di PC. Berbeda dengan bluestack yang merupakan sebuah emulator, Remix OS adalah OS itu sendiri.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai remix OS bisa dibaca melalui situs resminya di sini. Saat ini Remix OS sudah berbasis Android 6.0 Marshmallow. Selain itu juga sudah ada Playstore dan bisa menginstall aplikasi-aplikasi di Playstore.

Bagi yang ingin mencoba Remix OS berikut spesifikasi minimalnya dikutip dari situs resminya :

  • 2 GHz dual core processor or better
  • 2 GB system memory
  • Minimum 8 GB of free hard drive space
  • Internet access is helpful

Namun kunci yang paling penting untuk menginstall Remix OS ini adalah USB 3.0, karena Remix OS membutuhkan usb dengan kecepatan membaca dan menulis yang tinggi. Bisa dipaksakan melalui USB 2.0, hanya saja nanti akan lelet dan mengalami lag. Terkadang restart sendiri, itu pengalaman saya install Remix OS di USB 2.0.

Jika spesifikasi komputer atau laptop cukup, siapkan Flashdisk yang sudah USB 3.0 dengan kapasitas minimal 8 GB. Lalu download file ISO nya di sini. Silahkan dipilih sesuai prosesor apakah 32-bit atau 64-bit.

Remix OS download page

Saya sarankan untuk mendownload via torrent, menghindari terjadinya file korup.

Downloading Remix OS

Setelah selesai mendownload extract file zipnya. Nanti akan ada 4 buah file di dalamnya.

isi file zip Remix OS

Yang kita perlukan cuma dua file yaitu program untuk membuat installernya. Itu pun kita masih bisa menggunakan alternatif lain yaitu unetbootin. Karena filenya untuk membuat bootablenya berformat exe dan hanya bisa dijalankan di windows, maka saya menggunakan unetbootin, karena saya menggunakan Ubuntu. Tapi menunya sama kok, program untuk membuat bootable dari Remix OS adalah unetbootin yang sudah dimodif.

Oke silahkan jalankan file pembuat bootablenya atau unetbootin. Dan pilih ISO Remix OS yang sudah didownload.

Kemudian eksekusi dan tunggu prosesnya selesai

Setelah selesai silahkan restart komputernya dan booting melalui USB. Nanti akan ada proses seperti ini :

Pilih Resident Mode kalau teman-teman mau datanya tersimpan. Dan Guest Mode kalau cuma mau coba-coba doang. Tekan Enter. Tunggu prosesnya selesai, nanti akan muncul tulisan Remix OS kedip kedip.

Beberapa saat setelah itu. Taraaaaaaa…. muncul menu pilihan bahasa. Silahkan dipilih

Terus ada User Agreement. Silahkan klik Agree.

Lanjut ke settingan wifi. Kalau mau nanti bisa diskip.

Ikuti prosesnya sampai selesai dan instalasi pun selesai. Teman-teman bisa install aplikasi melalui Playstore.

Bagi yang biasa menggunakan windows pasti tidak akan kesulitan karena menu-menu dan panelnya sama. Untuk lebih detail bisa coba sendiri dan rasakan pengalamannya. Review segera menyusul ya. Sampai jumpa di postingan berikutnya.

Leave a Reply