TECH

Install Font Windows di Ubuntu (Linux Berbasis Debian Lainnya)

Jadi ceritanya laptop saya yang lama sudah habis masanya, karena memang sudah tua dan sudah dipakai sejak awal kuliah sekitar tahun 2009. Pasca tewasnya laptop tersebut saya nggak punya laptop lagi sih, kerja lebih banyak mengandalkan handphone. Alhamdulillah sedikit terbantu karena Ajo Ferdinand Almi menitipkan PC nya di kantor sehingga bisa saya pakai.

Kemarin ini karena ada sedikit rejeki lebih saya pun beli laptop lagi, mengingat PC yang dititipkan akan dipakai lagi oleh yang punya. Mengingat kerjaan saya sepertinya butuh laptop lagi. Jadilah saya ambil ASUS X455LA. Dan langsung saja laptop ini diinstall Linux.

OS pertama yang saya install di laptop ini yaitu Elementary OS 0.3.2 (Freya) 64-bit. Elementary OS merupakan OS yang sudah saya gunakan dalam tiga tahun terakhir karena memang sangat nyaman dan secara tampilang juga bagus. Menurut selera saya loh ya. Karena partisi laptop cukup besar harddisknya pun saya bagi tiga dan saya install Ubuntu 16.04 Xenial Xerus 64-bit.

Tadi saya coba install font windows di Ubuntu ini, mengingat banyak dokumen saya butuh font-font windows. Nah, buat teman-teman yang butuh font windows di linux berikut cara installnya. Cara ini hanya untuk Linux berbasis debian loh ya, kalau untuk fedora, open suse saya nggak tau. Nggak pernah pake soalnya.

Jadi untuk install font windows di linux kita cuma memasukkan perintah berikut melalui terminal:

sudo apt-get install ttf-mscorefonts-installer

tekan ENTER.

Lalu nanti akan muncul jendela khusus dari EULA. Tinggal oke oke saja dan tunggu prosesnya selesai. Setelah selesai ketikkan perintah berikut :

sudo fc-cache -fv

Font Windows berhasil terinstall

Tekan ENTER dan selesai sudah. Silahkan cek fontnya baik melalui Libre Office maupun WPS Office. Sekian untuk kali ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply